Rabu, 04 Juli 2012

Manusia dan Harapan



Teori
 Secara kharfiah Harapan berasal dari kata harap yaitu keinginan supaya sesuatu terjadi atau sesuatu terjadi atau suatu yang belum terwujud. Harapan dapat diartikan sebagai menginginkan sesuatu yang dipercayai dan dianggap benar dan jujur oleh setiap manusia dan harapan agar dapat dicapai, memerlukan kepercayaan kepada diri sendiri,kepercayaan kepada orang lain dan kepercayaan kepada ALLAH SWT.
Tentu setiap manusia memiliki harapan di dalam menjalani kehidupan, karena saya seorang mahasiswa, maka saya akan mengambil contoh ; saya berharap mendapat nilai yang bagus di dalam semua mata kuliah yang saya ambil, itu harapan saya dalam jangka waktu pendek. Tapi jika dirunut lebih dalam, pastinya saya berharap menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan Negara, kelak (harapan jangka panjang). 
Menurut kodratnya dalam diri manusia terdapat 2 dorongan,yaitu dorongan kodrat serta dorongan kebutuhan hidup. Terkait dengan kebutuhan manusia tersebut , abraham maslow mengkategorikan kebutuhan manusia menjadi 5 macam atau disebut juga 5 harapan manusia, yaitu;


1.harapan untuk memperoleh kelangsungan hidup
2.harapan untuk memperoleh keamanan
3.hak untuk mencintai dan dicintai
4.harapan diterima lingkungan
5.harapan memperoleh perwujudan cita-cita
Sumber : http://www.worldfriend.web.id/


Artike Terkait


Antioksidan, Harapan Baru Terapi Autis



ANTIOKSIDAN jenis N-Acetylcysteine atau disebut NAC, dipercaya mampu membantu terapi anak terkait dengan autisme. Demikian hasil riset para peneliti di Stanford University School of Medicine dan Lucile Packard Children's Hospital.

NAC yang terdapat dalam vitamin C dan E ini diperkirakan mampu mengurangi kondisi mudah marah serta mengurangi pola sikap mengulang. "Kita tidak membicarakan tentang gangguan iritabilitas ringan, tetapi tindakan-tindakan yang memang butuh untuk ditenangkan, seperti melempar barang, menendang, memukul, dan sebagainya," tutur Ketua Peneliti, dr Antonio Hardan.

Studi ini melibatkan 31 anak dengan kondisi autisme di rentang usia 3-12 tahun yang dilangsungkan selama 12 minggu. Di akhir tes, terlihat, skor iritabilitas anak-anak dengan kondisi autisme ini berkurang dari 13.1 menjadi 7.2 dari daftar cek Aberrant Behaviour. Selain itu, hasil tes juga memperlihatkan adanya pengurangan tindakan pengulangan pada anak autis.

Walaupun peneliti percaya NAC menjadi pilihan terbaik untuk pengobatan terapi pada autisme anak, namun diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai dosis dalam penggunaannya. (Go4healthylife/wtr5)

Sumber : http://www.metrotvnews.com

Pendapat


Sejak kecil, setiap manusia yang dilahirkan pasti memiliki harapan atau cita cita. Dengan harapan atau cita cita yang mereka miliki, kelak mereka akan menjadi manusia yang berguna. Harapan saja pun tidak cukup untuk menggapai keinginannya, butuh kegigihan yang tinggi untuk menggapainya. Tidak ada salahnya untuk berharap, karena dengan harapan itu akan memiliki motiasi yang kuat.
Harapan itu dimiliki setiap manusia tanpa memandang derajatnya. Manusia yang memiliki kekurangan dalam keuangan pasti mempunyai cita cita untuk menajdi kaya. Manusia yang memiliki kekurangan fisik pun pasti mempunyai cita cita agar dia menjadi manusia normal, apalagi untuk yang tergolong autis. Anak yang tergolong autis harus tetap dibimbing oleh orang tuanya, bukan untuk dikucilkan atau di buang. Terkait dengan artikel di atas, semoga dengan adanya terapi baru dengan antioksida, semoga anak autis di negeri ini bisa mencapai cita citanya.

Ditulis Oleh : Unknown // 20.15
Kategori:

1 komentar:

  1. Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak Rumah Sahabat Yogyakarta melayani terapi autism, terlambat bicara, ADHD, Down syndrom, musik, renang dengan terapi terpadu, speech terapi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi dll. untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Rumah sahabat di Perum Gambiran C 2 UH V, Jl Perintis Kemerdekaan Yogyakarta phone 0274 8267882

    BalasHapus