Rabu, 21 Maret 2012

Manusia dan Cinta Kasih

 




A.Pengertian Kasih Sayang



Kasih sayang menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Purwodarminto, diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasan suka kepada seseorang. Arti dari kasih sayang sendiri sangat luas, ada yang mengartikan bahwa kasih sayang adalah suatu yang indah, suci, dan didambakan oleh setiap orang. Unsur utama suatu kasih sayang antara lain adanya tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran saling percaya saling terbuka. Menurut Djoko widagdho, IBD,1988.hal 45-47, unsur – unsur tersebut menyebabkan adanya suatu ikatan kesatuan yang bulat dan utuh, sehingga bila salah satu unsur kasih sayang hilang maka retaklah keutuhan cinta karena kasih sayang merupakan pertumbuhan dari cinta.
Kasih sayang pasti pernah didapat setiap orang sejak dia lahir, bahkan mulai saat masih berada dalam kandungan yaitu kasih sayang orang tua khususnya ibu. Selain itu, masih banyak bentuk kasih sayang yang berada pada sekitar kita, seperti kasih sayang terhadap Tuhan, kasih sayang keluarga, kasih sayang dengan pasangan dan kasih sayang dengan sesama makhluk. Bentuk – bentuk kasih sayang tersebut memunculkan beberapa bentuk perlilaku,yaitu :
  1. Kemesraan
Kemesraan merupakan perwujudan kasih yang telah dalam, sebuah perasaan simpati yang akrab, atau merupakan hubungan akrab antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Menurut Djoko widagdho, IBD,1988 hal 48-49, kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia, sehingga manusia dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.
  1. Pemujaan.
Pemujaan adalah perwujudan cinta manusia kepada Tuhan hal ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena pemuja terhadap Tuhan adalah inti nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya. Menurut Drs. Suyadi M.P, dalam kehidupan manusia terdapat berbagai macam cara pemujaan sesuai dengan agama, kondisi , kepercayaan, dan situasi.akan tetapi sebenarnya pemujaan itu sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya.

B. Pengertian Cinta Kasih
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karya W.J.S. Purwodarminto, cinta adalah rasa suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.


Walaupun cinta kasih mengandung arti hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya; dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.


C. Pendapat


Pada hakikatnya setiap manusia itu harus menanamkan rasa kasih sayang kepada orang lain. Tanpa memandang bulu, entah dia miskin, berbeda agama, ras, suku dan adat. Karena dengan rasa kasih sayang itu sendiri kita bisa mempererat persaudaraan yang erat dan utuh satu dengan yang lainnya.


Rasa kasih sayang yang kita tanamkan kepada orang lain akan membuat kita lebih dewasa, lebih berani untuk bertanggung jawab. Seperti halnya rasa kasih sayang yang orang tua berikan kepada kita, disitu kita harus bertanggung jawab atas kasih sayang yang mereka berikan dengan cara menerima rasa kasih sayang mereka dan membuat orang tua kita bahagia. Begitu pula jika menanamkan rasa kasih sayang dengan yang lainnya.


Banyak orang orang yang menganggap rasa cinta dan sayang itu sama. Namun kenyataanya berbeda, sebagai konteksnya kita ambil dari tanggapan orang orang. Bahwa rasa cinta itu bisa berubah menjadi benci. Sedangkan rasa sayang itu asa kita untuk terus memiliki dan sifatnya abadi.


Sama halnya dengan kasih dan cinta, kedua duanya memiliki perbedaan. Jika rasa cinta itu kita lebih menerima rasa itu sendiri, sedangkan rasa kasih itu lebih ke memberi. Seperti halnya jika kita mempunyai rasa kasihan terhadap pengamen, pasti kita akan merasa kita akan memberi semua yang kita rasa, mungkin memberi si pengamen itu uang.


Dilihat dari sudut pandangnya masing masing, antara sayang, cinta dan kasih itu memang berbeda, tetapi dari ke tiga itu saling berhubungan. Tinggal dari kita sendiri untuk bagaimana menanamkan rasa itu dan kita exploitasikan ke duni nyata.

Ditulis Oleh : Unknown // 01.22
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar