Rabu, 04 April 2012

Manusia dan Keindahan




Teori Dasar


Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.


Keindahan atau keelokan juga merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.


Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya."


Sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id
             id.wikipedia.org




Artikel Terkait




Struktur Mata Manusia Mirip Planet





KOMPAS.com - Ketika memandang mata orang atau pasangan, semuanya akan tampak sama saja. Tapi, ternyata struktur mikroskopik dari mata setiap orang tampak berbeda satu sama lain. Yang lebih mengejutkan, strukturnya ternyata menyerupai planet.
Lihat saja foto struktur mikroskopik mata yang diambil oleh seorang guru fisika bernama Suren Manvelyan. Foto-foto yang diperlihatkannya menunjukkan bahwa pinggiran bagian hitam mata setiap orang memiliki kerutan yang berbeda menyerupai permukaan planet Mars atau sejenisnya.
Manvelyan yang berasal dari Yerevan, Armenia mengatakan, "Saya tidak menyangka bahwa strukturnya sedemikian rumit. Kita melihat mata ratusan orang, tapi kita tidak menyadari bahwa strukturnya sangat cantik, seperti planet."
Dalam mengambil fotonya, Manvelyan memfokuskan pada bagian mata iris mata yang berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke mata serta pupil, bagian yang dikaitkan dengan iris oleh otot. Struktur mata yang dipamerkan dalam foto-foto Manvelyan bertajuk 'Your Beautiful Eyes' adalah milik murid, teman dan koleganya. Tentang teknik pengambilan gambarnya, Manvelyan mengatakan, "Proses pengambilannya menjadi rahasia saya."
Selain menjadi guru, Manvelyan sejak usia 16 tahun telah bereksperimen dengan fotografi. Kini, ia juga menjadi salah satu fotografer di Yerevan Magazine, media lifestyle orang Armenia di Kanada.


Sumber : Sains.Kompas




Pendapat


Pada hakikatnya, Semua yang berhubungan dengan keindahan itu adalah buatan Tuhan. Jika kita lihat, dalam pengertian luasnya keindahan itu meliputi : 
- keindahan alam
- keindahan manusia
- keindahan seni
- keindahan moral
- keindahan intelektual


Tapi pada dasarnya dari itu saling berhubungan. Seperti Keindahan Manusia dan Keindahan Alam. Tanpa Manusia juga alam tidak akan terlihat Indah, asalkan manusia itu menjaga dasarnya Keindahan Alam. Keindahan sendiri diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional.


Salah satu keindahan dari manusia adalah mata, sering juga manusia menyebutkan beauty is in the eye of the beholder, yang artinya keindahan itu berada pada mata yang melihatnya.





Tanpa kita sadari, ternyata struktur iris pada mata itu mirip planet. Sudah membuktikan bahwa keindahan alam itu saling berhubungan dengan manusia. Seorang guru fisika asal Yerevan, Armenia melakukan eksperiman dengan melakukan mengambil foto dan memfokuskannya pada Iris mata setiap orang.


Jadi, pada dasarnya semua yang ada di alam ini memiliki keindahan, dan bagaimana caranya kita menjaga keindahan tersebut. Setiap manusia harus bertanggung jawab dengan keindahan tersebut, entah keindahan yang mereka punyai ataupun keindahan yang harus kita jaga. Dan pada intinya sudah seharusnya setiap manusia itu sadar diri untuk saling menjaga keindahan dan bersyukur dengan Tuhan yang telah menciptakan keindahan itu.

Ditulis Oleh : Unknown // 10.53
Kategori:

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus